Istilah & Jargon Dalam Dunia Marketing Beserta Penjelasannya

Mungkin ReDiers sekalian masih suka ada kurang mengerti dengan istilah-istilah yang biasa digunakan dalam dunia Marketing, terutama untuk ReDiers yang bidang pekerjaannya tidak terkait dengan hal-hal tersebut, karena biasanya istilah-istilah ini banyak digunakan dalam area pekerjaan disemua bidang pemasaran baik media, advertising, event organizer, dan sejenisnya,

atau mungkin posisi Anda sebagai klien yang sedang mempelajari proposal dari perusahaan agency / media / EO, dan sejenisnya, tentunya sangat penting untuk mengetahui istilah-istilah yang lazim digunakan oleh mereka, agar tidak salah paham dalam berkomunikasi dengan pihak-pihak tersebut, akan tetapi Rekan Digital juga memohon maaf jika dalam pengartian istilah-istilah ini masih ada yang kurang jelas, silahkan mencari pembanding dengan hasil pencarian di Google;)

Apa saja sih istilah yang biasa banyak digunakan dalam dunia marketing, baik traditional marketing maupun digital marketing? berikut kamus istilahnya & semoga bermanfaat bagi ReDiers :

Above The Line (ATL)
Suatu bentuk komunikasi yang menggunakan media massa (dan dipublikasikan ke khalayak luas) seperti televisi, bioskop, radio, koran, majalah yang bertujuan untuk mempromosikan suatu brand atau menyampaikan tawaran secara spesifik.

Ad-libs
Iklan radio berupa teks tertulis yang dibacakan dan boleh di improvisasi oleh penyiar.

Advertising
Suatu bentuk komunikasi yang digunakan untuk membujuk audience (pemirsa, pembaca atau pendengar) untuk mengambil suatu tindakan sehubungan dengan produk, ide, atau jasa yang ditawarkan.

Ambient Brand
Keikutsertaan perusahaan dalam suatu gerakan sosial agar brand mereka terasosiasi dengan gerakan tersebut, bukan untuk mempromosikan produk tertentu. Dengan keterlibatan tersebut, perusahaan berharap agar brandnya diposisikan disekitar nilai-nilai dan gerakan sosial tersebut.

Advertorial
Iklan dalam bentuk editorial. Istilah “advertorial” adalah penggabungan dari dua kata yaitu “advertisement/iklan” dan “editorial/artikel.”

Affiliate Marketing
Sistem pemasaran dengan membayar jasa seseorang affiliate marketer atau perantara ketika orang tersebut berhasil menjual produk atau jasa milik merchant atau perusahaan yang mempunyai produk atau jasa yang dipasarkan melalui Internet dan bekerjasama dengan affiliate marketer untuk menjual produk/jasanya dan tentunya perantara tersebut akan mendapat komisi atas penjualan yang dilakukannya.

Alternative Advertisement
Adalah salah satu bentuk Below The Line (BTL), promosi kreatif dan unik seperti menempatkan balon udara di suatu lokasi berlangsungnya kegiatan atau event,

Backdrop
Latar belakang panggung yang biasanya bertuliskan tema acara atau berupa gambar/bentuk yang berkaitan dengan jalan cerita diatas panggung.

Backstage
Area di belakang panggung, termasuk kamar rias dan tempat dimana semua pengisi acara dapat berkoordinasi dan beristirahat.

Banner Ad
Sebuah iklan grafis di halaman web yang biasanya memiliki ukuran lebar 468 pixel dan tinggi 60 pixel.

Below The Line (BTL)
Suatu bentuk komunikasi yang menggunakan media yang lebih terfokus dan disampaikan ke khalayak tertentu seperti brosur, flyer, telemarketing, pameran, billboard, sales canvassing, acara launching produk, dsb  yang bertujuan untuk mempromosikan suatu brand atau menyampaikan tawaran secara spesifik kepada khalayak tertentu atau bahkan melakukan penjualan langsung.

Billboard
Adalah penggunaan papan tanda di sepanjang jalan raya untuk mengiklankan berbagai macam produk, layanan, atau kegiatan. Secara umum, Billboard harus cukup besar agar bisa terlihat dan terbaca dengan jelas oleh pejalan kaki, pengendara atau penumpang kendaraan di sepanjang jalan.

Blocking Time
Pembelian jam siaran dengan durasi tertentu dari sebuah stasiun televisi atau radio untuk diisi dengan program khusus dan iklan yang dimiliki oleh suatu perusahaan/lembaga untuk tujuan kegiatan pemasaran, promosi atau kampanye.

Brand
American Marketing Association mendefinisikan brand sebagai “nama, istilah, desain, simbol, atau fitur lainnya yang mengidentifikasi produk atau jasa satu penjual yang membedakan dia dari penjual lainnya. Istilah hukum untuk brand adalah trademark (merek dagang). Sebuah brand dapat mengidentifikasikan satu jenis item, sekelompok item, atau semua item dari penjual tersebut. Jika brand digunakan untuk perusahaan secara keseluruhan, maka istilah yang lebih lazimnya adalah Trademark (merk dagang). ”

Branding
Merupakan kegiatan untuk membangun brand yang dilakukan secara berkelanjutan, yang bisa berubah untuk mengakomodasi strategi pertumbuhan dan perubahan lingkungan bisnis.

Brand Activation
Kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan beragam media untuk mengaktifkan brand perception dalam pikiran dan hati konsumen. Biasanya, brand activation dibuat dalam bentuk event atau kegiatan publik.

Brand Awareness
Brand awareness mengacu pada kemampuan pelanggan untuk mengingat dan mengenali brand di bawah kondisi yang berbeda dan mengaitkan nama brand, logo, jingle, dan lain-lainnya dengan asosiasi tertentu yang ada didalam ingatannya. Ini membantu si pelanggan untuk memahami kategori apa produk atau jasa dari brand tersebut dan apa produk dan jasa yang ditawarkan oleh brand tersebut.

Brand Management
Penerapan teknik pemasaran untuk pengelolaan brand secara terpadu dengan menggunakan semua strategi pemasaran baik secara tradisional maupun digital.

Brand Promise
Merupakan janji dari suatu brand (dan apa yang telah dijanjikan di masa lalu). Di sini, brand dapat mewakili kualitas, kinerja, kepercayaan, atau janji-janji ideal yang selama ini disampaikan oleh suatu brand.

Bribe
Suatu sogokan atau hadiah tertentu yang ditawarkan sebagai timbal balik kepada audiens agar bersedia melakukan registrasi pada suatu formulir atau opt-in form (form pendaftaran email marketing/newsletter) yang biasanya dalam bentuk digital seperti voucher diskon, e-book, keanggotaan khusus dan sebagainya.

Brochure
Iklan tercetak yang biasanya terdiri lebih dari satu halaman atau gabungan beberapa halaman, berisi informasi tentang produk, jasa, atau suatu kegiatan tertentu. Brochure biasanya dipajang, boleh dibaca dan diambil oleh konsumen.

Catalog
Buku yang biasanya berukuran mudah dibawa dan berisi berbagai macam daftar produk atau jasa yang ditawarkan.

Classified Advertising/Classified Ad
Adalah iklan baris di surat kabar, halaman web atau majalah. Berukuran kecil, berisi kalimat pendek, umumnya tanpa gambar dan tarifnya jauh lebih murah dibanding display ad atau jenis iklan cetak lainnya. Classified ad kebanyakan dipasang oleh individu/pribadi dengan item tunggal yang ingin mereka jual atau beli.

Co-branding
Adalah ketika dua perusahaan membentuk aliansi untuk bekerjasama, menciptakan sinergi pemasaran untuk mempromosikan dan mengelola kedua brand perusahaan tersebut.

Confetti
Terbuat dari potongan kertas atau mylar dengan berbagai macam warna yang dimasukkan ke dalam tabung silinder kemudian diberi tekanan gas dan tombol/mekanisme untuk meluncurkan potongan-potongan tersebut ke udara. Confetti banyak digunakan di acara peluncuran produk, konser, parade, dan acara perayaan lainnya.

Cost Per Acquisition (CPA)
Istilah Cost Per Acquisition atau Biaya Per Akuisisi digunakan untuk mengukur jumlah uang yang dikeluarkan untuk mendapatkan satu pelanggan (akuisisi). Misal: untuk membuat/mensponsori suatu kegiatan, perusahaan mengeluarkan biaya 1 juta rupiah, ternyata diakhir kegiatan, perusahaan berhasil menjual 100 unit produknya dengan demikian maka CPA nya adalah: Rp1.000.000 ÷ 100 = Rp10.000
Sebaliknya, perusahaan juga bisa menetapkan CPA diawal dengan angka tertentu sehingga pada saat team promosi atau penjualan meminta budget maka acuan targetnya dihitung berdasarkan ketetapan CPA.

Cost Per Action (CPA)
(Kadang-kadang dikenal sebagai Pay Per Action atau PPA) adalah unit perhitungan harga iklan online dimana pemiliki website dibayar untuk setiap satu tindakan yang dilakukan oleh audiens terhadap iklan (misal: melakukan pendaftaran data kontak pribadi, menginstall aplikasi, dan sebagainya).

Cost Per Click (CPC)
Adalah unit perhitungan harga iklan online dimana pemasang iklan membayar sejumlah harga yang ditentukan berdasarkan dari suatu klik pada suatu iklan online dan pemilik website yang memasang iklan online atau search engine (Google) dibayar berdasarkan jumlah klik yang dilakukan oleh pengunjung pada iklan online tersebut. Untuk mengatur biayanya, jika CPC Anda bernilai $1 maka Anda akan dikenakan biaya $1 untuk setiap click terhadap iklan Anda.
Contoh:
1. Total biaya untuk menjalankan iklan adalah Rp 200.000,-
2. Total jumlah click yang terjadi pada iklan adalah 1000
3. Hitungan CPCnya adalah: CPC = (200.000/1000) = Rp 200,-

Cost Per Conversion
Menggambarkan biaya akuisisi per pelanggan, biasanya dihitung dengan membagi total biaya dari kampanye iklan dengan jumlah yang melakukan konversi. Definisi “konversi” disini bervariasi tergantung pada situasi; bisa berarti pelanggan yang berminat atau melakukan pembelian.

Cost Per Impression (CPI)
Adalah unit perhitungan harga iklan online dimana pemilik website dibayar berdasarkan jumlah penayangan iklan di halaman web. Yang dimaksud dengan satu “impression” disini adalah tayangan iklan sebanyak satu kali pada halaman web. Setiap kali sebuah iklan muncul di browser pengguna, server iklan akan menghitungnya sebagai satu kali “impression”. Namun, server iklan dapat diprogram untuk tidak menghitung aktivitas re-load yang dilakukan oleh pengguna, atau aktivitas lainnya yang telah disepakati antara pengiklan dan perusahaan iklan.

Cost Per Lead (CPL)
Adalah unit perhitungan harga iklan online dimana pemilik website dibayar berdasarkan jumlah pengunjung yang melakukan sign-up (registrasi/pendaftaran) melalui situs web tersebut. Sign-up yang dimaksud disini biasanya terdiri dari data-data pengunjung situs seperti nama, alamat email, alamat tempat tinggal, dan lain sebagainya.

Cost Per Mille atau Cost Per Thousand Impressions (CPM)
CPM adalah biaya yang dikeluarkan per 1000 impression. Impression atau impresi sendiri seperti tampilan Ads yang muncul di news feed, mobile news feed dan halaman website. CPM cocok digunakan jika Anda ingin membangun brand awareness terhadap target audiens Anda. Untuk mengatur biayanya, jika CPM Anda bernilai $1 maka Anda akan dikenakan biaya $1 untuk setiap 1000 impression dalam Ads Anda.
Contoh:
1. Total biaya untuk menjalankan iklan adalah Rp 200.000,-
2. Total audiens/pemirsa/pembaca adalah 4.000.000 orang
3. Hitungan CPMnya adalah: CPM = (Rp 200.000/4.000.000) * 1000 = Rp 50,-

Click Through Rate (CTR)
Adalah cara mengukur keberhasilan kampanye iklan online.
Perhitungan CTR adalah jumlah klik pada iklan dibagi dengan berapa kali iklan tersebut ditayangkan. Hasil perhitungannya ditampilkan dalam bentuk persentase.
Misal, jika sebuah iklan banner ditampilkan 100 impression (100 tayangan) dan dari total tayangan tersebut hanya mendapatkan satu klik maka CTRnya adalah 1%.

Cue Card
Juga dikenal dengan istilah Note Card adalah kartu/kertas berisi tulisan yang membantu aktor/pembawa acara/MC untuk mengingat apa yang harus mereka katakan.

Digital Marketing
Adalah pemasaran (umumnya promosi) produk atau jasa melalui internet. Digital Marketing juga dikenal dengan istilah Internet Marketing, Web Marketing, Online Marketing, atau e-Marketing.

Direct Mail
Adalah cara beriklan melalui surat yang dikirimkan langsung kepada konsumen, bisa berupa brochure, catalog, CD trial gratis, aplikasi kartu kredit, dan lain sebagainya.
Direct mail dikirim kepada pelanggan berdasarkan kriteria tertentu seperti umur, pendapatan, lokasi tinggal, profesi, dan lain-lain.

Display Advertising/Display Ad
Adalah jenis iklan koran dan majalah yang biasanya berisi kombinasi teks, logo, foto, peta lokasi atau gambar lain. Display ad bisa berwarna (FC=full color) ataupun hitam putih (BW=black and white).

Fanfare
Adalah alunan musik yang diputar/dimainkan untuk menandakan suatu pembukaan atau perpindahan sesi acara. Fanfare berdurasi pendek, diputar untuk menggugah emosi dan membangkitkan semangat yang positif terhadap pendengarnya.

Favicon
Sebuah ikon/logo kecil yang digunakan oleh beberapa browser untuk mengidentifikasi sebuah situs web.
Ikon/logo kecil ini tampil disamping alamat web.

Final Artwork (FA)
Adalah materi desain final yang sudah approved (disetujui) oleh klien untuk dijadikan separasi film (CMYK) dan siap dicetak. FA ini dibuat oleh desainer grafis atau art director, biasanya menggunakan Adobe Illustrator atau Photoshop sesuai kebiasaan masing-masing dan sesuai kebutuhan.

Flag Chain
Adalah materi promosi berbentuk bendera, kotak, segitiga atau lainnya dengan ukuran kecil yang terbuat dari bahan plastik napfa, karton, atau sejenisnya. Potongan lembaran-lembaran Flag Chain saling tersambung/terhubung antara satu dengan lainnya oleh tali atau sejenisnya dan biasanya digantung sebagai media promosi.

Flyer
Adalah satu lembar kertas, biasanya berukuran 8 ½ x 11 (A4), berisi informasi terbatas tentang promosi kegiatan, produk atau jasa yang ditawarkan ke konsumen dengan periode/batas waktu tertentu. Informasi yang tertera bisa dicetak pada satu sisi atau kedua sisi kertas.

Global Brand
Adalah merek yang dibuat untuk mencerminkan nilai-nilai yang sama di seluruh dunia. Global Brand melampaui asal-usul mereka dan menciptakan hubungan yang abadi dan kuat dengan konsumen di seluruh dunia dengan berbagai macam latar belakang budaya. Mereka adalah merek yang dijual di pasar internasional. Beberapa contoh Global Brand adalah Facebook, Apple, Coca-Cola, McDonald, KFC Mastercard, Sony dan Nike. Merek ini digunakan untuk menjual produk yang sama di berbagai belahan dunia dan dianggap menguatkan persepsi karena produk yang terkait merek tersebut mudah dikenali oleh beragam konsumen.

Leaflet
Adalah satu lembar kertas berukuran 1/3 kertas A4, hamper seperti ukuran daun (leaf). Lebih kecil dari Flyer, 3 lembar Leaflet sama dengan ukuran 1 lembar Flyer. Berisi informasi terbatas tentang promosi, kegiatan, produk atau jasa yang ditawarkan ke konsumen dengan periode/batas waktu tertentu. Informasi yang tertera bisa dicetak pada satu sisi atau kedua sisi kertas.

Local Brand
Sebuah merek yang dijual dan dipasarkan (didistribusikan dan dipromosikan) di wilayah geografis yang relatif kecil dan terbatas. Sebuah Local Brand (merek lokal) adalah merek yang dapat ditemukan hanya dalam satu negara atau wilayah. Ini dapat disebut Regional Brand (merek regional) jika daerah tersebut meliputi lebih dari satu pasar metropolitan. Perusahaan global/multi nasional juga bisa membuat Local Brand yang dikembangkan untuk pasar nasional tertentu.

Loose Spot
Iklan yang diputar di radio. Iklan tersebut dibuat dengan merekam suara orang yang membaca pesan tertentu yang ingin disampaikan, biasanya disertai dengan musik latar belakang atau efek suara lainnya.
Pesan yang disampaikan antara lain adalah jadwal kegiatan, jenis produk atau jasa yang ditawarkan, kapan produk atau jasa itu tersedia di pasar, periode promosi, harga, bagaimana dan dimana produk atau jasa tersebut bisa didapatkan oleh konsumen.

Millimeter Column (MMC)
Satuan ukuran untuk iklan Koran. Misal harga iklan adalah Rp 20.000 per MMC, berarti Rp20.000 untuk biaya pemasangan iklan dengan ukuran tinggi 1 mm x lebar 1 kolom.

Pamphlets
Dicetak di kertas untuk tujuan non-komersial, menyajikan argumen untuk membujuk pembaca agar menyetujui/memahami tentang suatu topik (misal isu mengenai daur ulang, pemanasan global, dll).

Pay Per Click (PPC)
Adalah suatu sistem penetapan harga iklan online dimana pemilik website dibayar berdasarkan jumlah klik yang dilakukan oleh pengunjung situs. model iklan ini digunakan untuk mengalihkan pengunjung dari satu iklan atau satu situs ke situs lainnya.

Pay Per Lead (PPL)
Adalah suatu sistem penetapan harga iklan online dimana pemilik website dibayar berdasarkan jumlah pengunjung yang melakukan sign-up (registrasi/pendaftaran) melalui situs web tersebut. Sign-up yang dimaksud disini biasanya terdiri dari data-data pengunjung situs seperti nama, alamat email, alamat tempat tinggal, dan lain sebagainya.

Pay Per Sales (PPS)
Adalah suatu sistem penetapan harga iklan online dimana pemilik website dibayar berdasarkan jumlah penjualan yang secara langsung dihasilkan oleh iklan pada website tersebut.

Personal Branding
Orang dan karirnya dipasarkan sebagai brand/merek. Membangun personal brand bisa berarti melakukan kegiatan/tindakan/aktivitas tertentu agar citra positif atas diri seseorang bisa terbangun di masyarakat. Latar belakang, karir yang dibangun dan track-record seseorang adalah personal brand orang tersebut.

Point Of Sale (POS)
Adalah titik penjualan, lokasi dimana transaksi/penjualan dan pembelian barang dan jasa terjadi. Istilah lainnya yang sering digunakan adalah Point of Purchase (POP).

Point Of Sale Materials (POSM)
Adalah materi promosi penjualan yang dipasang di dekat atau pada lokasi Point Of Sale untuk menarik perhatian pelanggan ke produk, yang mungkin produk baru atau penawaran khusus. POSM juga digunakan untuk mempromosikan acara khusus. Contoh materi POSM adalah: banners, flag chain, dummy packs, poster, flyer, hanging mobile, dan display stand. Istilah lainnya yang sering digunakan adalah Point Of Purchase Materials (POP Materials) dan Point Of Sale Display.

Poster
Adalah selembar kertas berisi informasi kegiatan, promosi produk atau jasa yang dicetak dan dirancang untuk terpasang ke dinding atau permukaan vertikal. Poster biasanya berisi teks serta gambar dan umumnya berukuran 40x60cm atau lebih besar.

Pop-Up Ad
Adalah iklan internet yang mana pada saat pengguna meng-klik maka iklan akan tampil di jendela browser baru.

Print Advertising/Print Ad
Adalah iklan cetak yang berisi informasi kegiatan, promosi produk atau jasa yang ditempatkan di koran, tabloid, majalah, dan buletin. Print Ad biasanya berisi teks dan gambar.

Promotion
Promosi adalah salah satu dari empat unsur marketing mix atau bauran pemasaran (produk, harga, promosi, tempat). Ini adalah hubungan komunikasi antara penjual dan pembeli untuk tujuan menginformasikan, membujuk, atau mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.
Promosi juga dapat diartikan sebagai bentuk komunikasi perusahaan yang menggunakan berbagai metode untuk menjangkau khalayak yang ditargetkan dengan pesan tertentu untuk mencapai tujuan organisasi usaha tertentu.

Proposal
Pengajuan usulan dan deskripsi tertulis tentang rencana pelaksanaan suatu event (kegiatan). Proposal biasanya terdiri dari 7 bagian yaitu: latar belakang pelaksanaan kegiatan, waktu dan tempat pelaksanaan, deskripsi detail kegiatan (apa dan siapa saja pengisi acaranya), detail komponen biaya yang dibutuhkan, kompensasi untuk sponsor/kategori sponsorship, lampiran contoh desain material promosi, lampiran susunan panitia.

Rating
Adalah evaluasi peringkat atau penilaian sesuatu, dalam hal kualitas (misal: rating kritikus terhadap sebuah novel atau tayangan televisi), kuantitas (misal: seorang atlet yang dinilai statistik-nya atau penghitungan jumlah penonton televisi/pendengar radio/pembaca koran), atau beberapa kombinasi dari keduanya. Salah satu contoh rating agency adalah AC Nielsen.

Review
Dalam bahasa Indonesia disebut ulasan. Jadi review adalah mengulas sesuatu baik mengupas kekurangan dan keunggulan, menafsir sesuatu serta memberikan komentar terhadap sesuatu secara objektif.

Sales Promotion
Adalah setiap inisiatif yang dilakukan oleh perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan sales (penjualan), usage (penggunaan) atau trial (percobaan) atas produk atau jasa. Contoh sales promotion adalah: pemberian hadiah pada saat pembelian produk, penerapan harga khusus selama periode tertentu, diskon belanja, kupon undian, beli 2 dapat 1, dan sejenisnya.

Search Engine Marketing
Adalah pemasaran (umumnya promosi) produk atau jasa melalui iklan yang ditayangkan di search engine (Google). Search Engine Marketing juga dikenal dengan istilah iklan PPC (Pay Per Click).

Search Engine Optimization (SEO)

Adalah proses meningkatkan visibilitas sebuah website atau halaman web di search engine melalui sistem “alami” atau hasil pencarian tidak berbayar (“organic” atau “algorithmic”). Secara umum, semakin awal (atau semakin tinggi urutannya di halaman web), dan semakin sering sebuah situs muncul dalam daftar hasil pencarian, maka semakin banyak pula pengunjung yang akan diterima dari pengguna mesin pencari. SEO dapat menargetkan berbagai jenis pencarian, termasuk pencarian website, pencarian bisnis lokal, pencarian video, materi pendidikan, berita, atau materi spesifik lainnya.

Slogan/Tagline
Slogan/tagline adalah motto atau frasa yang digunakan dalam konteks politik, komersial, agama dan lainnya sebagai ekspresi pengulangan dari sebuah ide atau tujuan.

Sponsor
Adalah individu, kelompok, atau organisasi/perusahaan yang memberikan dukungan terhadap suatu kegiatan/acara tertentu.

Sponsorship
Mendukung suatu acara, kegiatan atau organisasi dengan menyediakan dana, waktu, produk, jasa atau sumber daya lainnya yang bernilai bagi acara yang disponsori. Sebagai imbalan, panitia biasanya akan mengikutsertakan brand milik sponsor pada materi publikasi dan menyediakan tempat serta ruang iklan di lokasi acara bagi sponsor untuk berpromosi dan melakukan aktivitas penjualan.

Street Furniture Advertisement
Street Furniture adalah istilah yang digunakan untuk objek atau peralatan yang dipasang/ada dijalanan yang berfungsi untuk berbagai tujuan. Contoh Street Furniture adalah pembatas jalan, bangku, kotak pos, kotak telepon umum, lampu jalan, lampu lalu-lintas, halte bis, toilet umum, dan sejenisnya.
Street Furniture Advertisement adalah pemanfaatan Street Furniture untuk periklanan. Misal dengan menempalkan materi iklan di halte bis, kota telepon umum, atau lainnya.

Take One Box (TOB)
Adalah tempat penyimpanan Brochure atau Leaflet yang biasanya terbuat dari bahan acrylic atau karton, ditempatkan diatas meja/counter agar mudah dijangkau oleh konsumen.

Telemarketing
Adalah metode pemasaran langsung (direct marketing) dimana penjual menawarkan/membujuk calon pelanggan untuk membeli produk atau jasa, baik melalui telepon atau melalui video conference.

Television Commercial (TVC)
Adalah iklan televisi berdurasi tertentu yang diproduksi menggunakan kombinasi audio (suara) dan video (gambar) yang bertujuan untuk memasarkan produk dan jasa.

Through The Line (TTL)
Penggabungan Above The Line (ATL) dan Below The Line (BTL) yang digunakan untuk mengintegrasikan upaya pemasar dan mengoptimalkan pengembalian dari investasi yang terpisah tersebut.

Transit Advertisement
Adalah salah satu bentuk Below The Line (BTL), iklan yang ditempatkan pada kendaraan umum seperti taxi, ojek online, kereta, bis kota, atau jenis angkutan umum lainnya.

Value Per Action (VPA)
Mengacu pada model bisnis pemasaran online yang mirip dengan sistem Cost Per Action (CPA). Perbedaannya, Pada sistem Cost Per Action penjual hanya membayar biaya iklan ketika konsumen mengambil tindakan (seperti melakukan pembelian produk), pada sistem Value Per Action model tersebut dikembangkan lagi dengan menambah komponen revenue sharing ke konsumen. Semakin besar anggaran periklanan, maka semakin besar pula terjadinya peluang penjualan sebab setiap rupiah yang dikeluarkan oleh pemasar akan dibagi/di share ke konsumen dalam bentuk insentif pembelian.
Dua pemasar bisa saja menawarkan produk yang sama dengan harga yang sama, namun memberikan insentif yang berbeda untuk konsumen melalui sistem VPA ini.

Venue
Secara umum venue adalah tempat, tempat yang bisa berada dimanapun. Dalam dunia konser, venue adalah lokasi pertunjukan, tempat dimana pertunjukan akan dilangsungkan.

Viral Marketing
Adalah fenomena marketing yang memfasilitasi dan mendorong orang untuk menyampaikan/ meneruskan pesan pemasaran ke orang lain secara berantai dan organic.

Webmaster
Banyak istilah profesi khususnya yang berhubungan dengan website. Beberapa diantaranya adalah Web Designer, Web Administrator dan Web Developer. Secara umum, Webmaster mencakup semua profesi tersebut. Semua profesi tersebut merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

Kenapa demikian? Karena Webmaster adalah sebutan untuk orang yang ahli dalam dunia web sehingga Webmaster tidak hanya bisa mendesain halaman web saja, tetapi juga harus dapat membangun dan merawat website tersebut hingga tetap dalam kondisi baik dan mencegahnya dari kerusakan yang dapat terjadi.

Secara garis besar tugas Webmaster bertanggung jawab untuk merencanakan, merancang, mengelola dan memelihara situs web agar tetap dapat berjalan dengan baik. Hal lain yang harus dilakukan adalah merawat dan mengembangkan sistem atau program yang digunakan. Membuat situs web dapat dinikmati pengunjung, menjaganya dari kerusakan dan pelanggaran yang datang dari dalam maupun dari luar yang dapat disebabkan oleh ulah manusia maupun software. Seorang Webmaster juga harus terus belajar dan beradaptasi dengan perubahan yang begitu cepat terjadi di dunia digital.

 

Demikian sementara kumpulan istilah yang umum digunakan di dunia marketing baik tradisional maupun digital, Rekan Digital akan berusaha melakukan update jika ada istilah-istilah baru di kemudian hari. Semoga bermanfaat bagi ReDiers!

(Diambil dari berbagai sumber)